Apa Arti dan Kegunaan QR Code

Pada umumnya QR Code digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan. Di Indonesia, QR Code pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya QR Code pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut. Bagi para pengguna smartphone istilah QR mungkin sudah tidak asing lagi bahkan beberapa mungkin sudah pernah mencobanya, QR adalah singkatan dari Quick Response, QR Code mempunyai dua sisi yang berisi data informasi berupa URL suatu website yang nantinya dapat digunakan pada majalah, iklan, atau media lainnya, sehingga ketika seorang pengguna handphone berkamera dan mempunyai aplikasi pembaca QR Code dapat langsung men-scan dan masuk ke website yang dimaksud tanpa perlu mengetikkan alamatnya. QR Code juga dapat digunakan untuk menyimpan data teks mengenai informasi produk atau hal lain, SMS, atau informasi kontak yang mengandung nama, nomor telepon, dan alamat. QR Code juga dapat dibaca dari segala arah dengan hasil yang sama sehingga meminimalkan kesalahan baca akibat salah poisisi QR Code.

Apa Arti dan Kegunaan QR Code 


Gambar : Salah satu contoh QR
Anda pernah melihat gambar seperti di atas?. Gambar tersebut adalah QR Code. QR Code merupakan suatu jenis matriks kode atau bar code dua dimensi yang dibuat dan dikembangkan oleh Denzo Wave (Jepang) yang pada waktu itu merupakan sebuah divisi Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang yang masih merupakan bagian dari Toyota group. Untuk menghasilkan suatu gambar atau simbol QR Code, suatu informasi di-encode melalui suatu aplikasi QR Code generator. Untuk yang berbasis web, dari sekian banyak aplikasi QR Code generator yang dapat digunakan salah satunya adalah SnapMaze QR Code Generator. Anda juga bisa mencoba Kaywa QR Code.

Dan untuk membaca QR Code, QR Code reader atau scanner yang dapat digunakan adalah ZXing Decoder Online. Bagi anda yang menggunakan HP yang sudah bisa membaca QR Code, cukup arahkan camera HP anda ke QR Code. Beberapa HP Nokia tipe N9x sudah dilengkapi dengan fitur Nokia Barcode Reader pre-installed.


Perbedaan QR Code dan Barcode

Jika dibandingkan dengan bar code yang hanya satu sisinya saja yang mengandung data, QR Code mempunyai dua sisi yang berisi data, dan ini membuat QR Code lebih banyak memuat informasi dibandingkan bar code. Berikut ilustrasi perbedaan QR Code dan Barcode


Gambar : Perbandingan QR Code dan Barcode

Perkembangan penggunaan QR Code

Awalnya QR Code digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun saat ini QR Code sudah dimanfaatkan secara luas bahkan di Jepang penggunaan QR Code sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca QR Code sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih QR Code sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. 

Kegunaan QR Code

QR Code berfungsi untuk membagikan link tautan yang dapat menyimpan berbagai informasi dengan bantuan alamat link URL, singkatnya menjadi media penghubung dari media offline ke online secara langsung. Untuk memudahkan fungsi dari QR code reader anda bisa mencoba simulasi dibawah ini;
1. Pada gambar dibawah, klik kanan dan simpan (save image as) gambar tersebut ke dalam komputer anda.
2. Buka situs QR reader ZXing Decoder
3. Setelah masuk ke website ZXing Decoder, ambil/pilih gambar yang tadi anda simpan dengan mengklik tombol 'Browse'.
4. Setelah QR Code tadi dipilih, klik tombol 'Submit Query'.
5. Sukses! anda dapat membaca pesan yang ada pada gambar QR Code tadi.

Memanfaatkan QR Code Dalam Dunia Bisnis

Di dunia bisnis beberapa perusahaan memanfaatkan desain QR untuk memasukkan logo perusahaan, klip video ataupun foto ke QR Code, tanpa menghilangkan substansi informasi apapun dari sumber yang dimasukkan. Contoh penggunaan QR Code yang didalamnya memuat konten klip video adalah QR Code yang digunakan oleh kelompok penyanyi dari Inggris bernama Pet Shop Boys pada tahun 2007. Ketika kode dipindai dengan benar, maka pengguna akan diarahkan ke situs Pet Shop Boys. Selain itu pada tahun 2009 QR Code digunakan untuk kampanye pemasaran Movie 9 di San Diego Comic Con. Pada saat itu, pelanggan diberikan kartu yang menampilkan QR Code yang telah terintegrasi dengan karya seni yang bersangkutan. Jadi, pelanggan dapat mengakses cuplikan film melalui QR Code tersebut. Di Jepang, hal ini telah diterapkan oleh McDonald. Terdapat 19 jenis " sandwich " yang diberi QR Code yang mengandung informasi alergi, jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung dalam sandwich tersebut. Selain itu QR Code juga dapat diberikan di halte bus, sehingga penumpang dapat mengetahui keberadaan bus yang sedang ditunggu. Cara kerjanya adalah dengan memberikan link ke kamera CCTV di setiap jalan melalui koneksi internet pada ponselQR Code juga  dipasang pada kartu pelajar, sehingga akan mempermudah proses absensi siswa, dan mempermudah akses bagi para siswa,guru, dan orang tua murid kepada informasi proses belajar mengajar. 

Keuntungan-keuntungan Menggunakan QR Code

QR Code memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji,kana,hiragana,simbol,dan kode biner. Menurut Wikipedia secara spesifik, QR Code mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu QR Code memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang, karena QR Code mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar QR Code bisa hanya sepersepuluh dari ukuran sebuah kode batang. Tidak hanya itu QR Code juga tahan terhadap kerusakan, sebab QR Code mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol QR Code kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat.
Bagaimana? Sudah mulai memahami tentang QR Code? Anda bisa mencoba mempraktikannya dengan membaca QR Code berikut :



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

Header

Facebook